Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 4 No. 3 (2025): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial

Evaluasi Penerapan Asesmen Formatif Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Muh. Nasir (Unknown)
Fahruddin, Fahruddin (Unknown)
Nehru, Nehru (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan asesmen formatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Asesmen formatif merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran karena memberikan informasi tentang kemajuan belajar siswa serta menjadi dasar untuk perbaikan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan guru dan siswa sebagai responden. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis secara statistik untuk melihat keterlaksanaan pada empat aspek utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan teknik asesmen, pemberian umpan balik, dan tindak lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek perencanaan dan pelaksanaan asesmen telah terlaksana dengan cukup baik, masing-masing memperoleh persentase tinggi dari guru dan siswa. Namun, aspek umpan balik dan tindak lanjut masih tergolong rendah, menunjukkan perlunya peningkatan pada bagian tersebut. Temuan ini memberikan implikasi bahwa asesmen formatif perlu diterapkan secara lebih menyeluruh agar dapat mendukung proses belajar yang reflektif, adaptif, dan berpusat pada siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial menerbitkan artikel ilmiah pendidikan dan ilmu sosial berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit 4 kali setiap tahun pada bulan Januari, Maret, Juli, dan ...