Al-Irsyad Journal of Physics Education
Vol 4 No 2 (2025): Juli 2025

ANALISIS KETERAMPILAN BERARGUMENTASI (COMMUNICATION SKILL) CALON GURU SEBAGAI BENTUK PENGUATAN KETERAMPILAN ABAD 21

Akhfar, Mariani (Unknown)
Idris, Ihfa Indira Nurnaifah (Unknown)
Riskawati, Riskawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

Lulusan program pendidikan diharapkan memiliki hard skill dan soft skill yang terasah secara optimal. Salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh calon guru adalah kemampuan berargumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan keterampilan berargumentasi (communication skill) calon guru sebagai bagian dari penguatan keterampilan abad ke-21. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan lokasi penelitian di Universitas Pancasakti Makassar pada program studi Pendidikan Fisika. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 45 mahasiswa angkatan 2022–2024. Instrumen yang digunakan berupa soal esai yang telah tervalidasi. Keterampilan berargumentasi diukur berdasarkan lima indikator, yaitu claim, data, warrant, backing, dan rebuttal. Argumentasi yang baik mencakup kelima indikator tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator claim dan data memperoleh persentase tertinggi sebesar 70% dengan kategori kuat, sedangkan indikator warrant, backing, dan rebuttal masih berada pada persentase sekitar 40% dengan kualifikasi cukup. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung hanya mampu menyajikan bukti data, namun belum menguasai seluruh komponen keterampilan berargumentasi secara menyeluruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan Fisika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...