Visi dari riset ilmiah ialah mengevaluasi efektivitas penggunaan asisten virtual ChatGPT berbasis kecerdasan buatan guna mengembangkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Pada studi ini, dua kelompok siswa dimanfaatkan: satu kelompok memanfaatkan ChatGPT untuk belajar, sementara kelompok lain mengikuti teknik tradisional. Studi mempergunakan desain kuantitatif beserta quasi-eksperimental memanfaatkan kelompok kontrol non-ekuivalen. Tes pilihan ganda yang telah divalidasi beserta koefisien reliabilitas 0.754 digunakan sebagai instrumen penelitian. Skor posttest rerata senilai 85,35 naik dari skor pretest senilai 71,41, meggambarkan kenaikkan signifikan statistik pada kelompok eksperimen. Di sisi lain, kelompok kontrol cuma mengalami kenaikkan dari 72,19 jadi 76,50. Tes Wilcoxon membuahkan skor signifikan p = 0,001, sedangkan tes Kolmogorov-Smirnov menggambarkan p = 0,016. Nilai 1,43 diperoleh dari perhitungan ukuran efek menggunakan Cohen's d, yang dianggap sebagai efek yang sangat signifikan. Berlandaskan hasil ini, pemanfaatan ChatGPT pada pelajaran matematika meningkatkan kinerja siswa serta menawarkan pendekatan baru untuk memfasilitasi pembelajaran lebih dinamis serta personal di tingkat Madrasah Ibtidaiyah
Copyrights © 2025