Penguasaan keterampilan computational thinking sangat penting dalam pembelajaran IPA di jenjang SMP untuk membentuk pola pikir kritis dan analitis. Namun, kemampuan ini masih tergolong rendah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan serta menguji validitas, kepraktisan, dan keefektifan E-modul IPA berbasis Engineering Design Process (EDP) pada materi suhu, kalor, dan pemuaian dalam meningkatkan computational thinking siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Instrumen penelitian mencakup angket validasi, lembar aktivitas siswa, tes computational thinking, dan angket respons siswa. Hasil validasi menunjukkan E-modul memiliki tingkat kevalidan sangat tinggi (94%). Kepraktisan pembelajaran dinyatakan sangat praktis dengan skor 93%. Efektivitas diuji melalui pretest dan posttest yang menghasilkan nilai N-gain sebesar 0,66 (kategori sedang). Selain itu, respons siswa terhadap E-modul mencapai rata-rata 89% (kategori sangat positif). Hasil ini menunjukkan bahwa E-modul berbasis EDP valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan computational thinking siswa SMP.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025