Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Create dalam meningkatkan literasi budaya dan kewarganegaraan siswa. Penelitian dilakukan pada 28 siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Candi selama 4 minggu pembelajaran. Model pembelajaran ini terdiri dari lima tahapan yang mendorong eksplorasi, diskusi, dan keterlibatan aktif siswa dalam memahami isu-isu budaya dan kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budaya, keragaman sosial, dan tanggung jawab kewarganegaraan. Selain itu, model ini juga memperkuat kemampuan membaca dan berpikir kritis siswa. Secara keseluruhan, pembelajaran berbasis tahapan aktif ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan literasi budaya dan kewarganegaraan di sekolah dasar.
Copyrights © 2025