Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025)

Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Penguasaan Konsep IPA Peserta Didik SD Negeri 42 Mataram

Saputra, Muhammad Irvan (Unknown)
Asrin, Asrin (Unknown)
Handika, Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV di SD Negeri 42 Mataram. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep IPA siswa yang ditunjukkan dengan sebagian besar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), serta kurangnya variasi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen tipe Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi tes penguasaan konsep IPA (pre-test dan post-test) dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (80,37) dan kelas kontrol (73,83). Hasil uji t-test menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Jigsaw terhadap penguasaan konsep IPA siswa. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep IPA peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...