Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV di SD Negeri 42 Mataram. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep IPA siswa yang ditunjukkan dengan sebagian besar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), serta kurangnya variasi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen tipe Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi tes penguasaan konsep IPA (pre-test dan post-test) dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (80,37) dan kelas kontrol (73,83). Hasil uji t-test menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Jigsaw terhadap penguasaan konsep IPA siswa. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep IPA peserta didik.
Copyrights © 2025