Digitalisasi pendidikan mendorong efisiensi dalam pengelolaan nilai siswa, salah satunya melalui Website Sistem Manajemen Nilai (WSMN). Namun, penerapannya di tingkat SMP masih terkendala oleh rendahnya literasi digital guru dan keterbatasan infrastruktur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan WSMN terhadap kinerja guru di salah satu SMP di Kabupaten Batang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain deskriptif-korelasional, melibatkan 21 guru sebagai responden. Instrumen dikembangkan berdasarkan model Technology Acceptance Model (TAM), dan dianalisis menggunakan korelasi Pearson serta regresi linear sederhana. Hasil menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara penggunaan WSMN dan kinerja guru (r = 0,507; p < 0,05), dengan koefisien regresi 0,727 dan R² sebesar 0,596. Temuan ini menegaskan bahwa persepsi guru terhadap kemudahan dan kemanfaatan sistem berdampak pada peningkatan kinerja, khususnya dalam perencanaan dan evaluasi pembelajaran. Studi ini merekomendasikan adopsi sistem manajemen nilai berbasis web sebagai bagian dari transformasi digital sekolah.
Copyrights © 2025