Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025)

Systematic Literature Review: Penerapan Realistic Mathematics Education Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Sumarna, Maya Sintya (Unknown)
Nindiasari, Hepsi (Unknown)
Pujiastuti, Heni (Unknown)
Yuhana, Yuyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematis siswa melalui pendekatan systematic literature review. Kajian ini menelaah sebanyak 11 artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal terindeks SINTA 1–4 dan Scopus dalam rentang tahun 2020–2025. Hasil telaah menunjukkan bahwa pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) secara konsisten berdampak positif pada peningkatan keterampilan matematika siswa di berbagai jenjang pendidikan. Realistic Mathematics Education (RME) mendorong siswa untuk berpikir reflektif, mengkomunikasikan ide matematis secara verbal dan tertulis, serta memahami konsep melalui konteks nyata yang dekat dengan kehidupan mereka. Selain itu, Realistic Mathematics Education (RME) terbukti fleksibel karena dapat diterapkan dalam berbagai kondisi, termasuk di wilayah terpencil maupun dalam pembelajaran berbasis teknologi. Temuan ini mendukung bahwa Realistic Mathematics Education (RME) merupakan pendekatan pembelajaran yang relevan dan adaptif terhadap kebutuhan pendidikan abad ke-21. Penelitian ini merekomendasikan implementasi Realistic Mathematics Education (RME) secara luas dalam kurikulum untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika yang bermakna dan aplikatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...