Evaluasi pembelajaran adalah proses sistematis guna mehimpun data terkait hasil belajar peserta didik dan merupakan bagian penting dari pendidikan berkelanjutan. Dengan evaluasi yang tepat, guru dapat memberi peningkatan pada kualitas pembelajaran dan membantu peserta didik mencapai potensi mereka. Tujuan dijalankannya penelitian ini ialah guna mengevaluasi program pembelajaran bahasa Jawa di SMP N 34 Semarang memanfaatkan penggunaan model Countenance Stake dan pendekatan kuantitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, serta analisis data secara deskriptif kuantitatif, subjek penelitian ini ialah guru dan peserta didik. Hasil penelitian memperlihatkan: (1) kelengkapan modul ajar Bahasa Jawa sangat baik (skor 4,23), (2) pelaksanaan pembelajaran baik (skor 4), dan (3) 38% dari 34 peserta didik mencapai KKM, sementara 62% tidak. Temuan ini menekankan perlunya inovasi dalam strategi pembelajaran dan dukungan dari berbagai pihak untuk memberi peningkatan pada minat dan kompetensi peserta didik dalam bahasa Jawa, serta menjadi pertimbangan dalam pengembangan kurikulum yang lebih efektif.
Copyrights © 2025