Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025)

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri 34 Semarang

Ayu Cahyani, Rhegita Prameswari (Unknown)
Sukoyo, Joko (Unknown)
Mujimin, Mujimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Evaluasi pembelajaran adalah proses sistematis guna mehimpun data terkait hasil belajar peserta didik dan merupakan bagian penting dari pendidikan berkelanjutan. Dengan evaluasi yang tepat, guru dapat memberi peningkatan pada kualitas pembelajaran dan membantu peserta didik mencapai potensi mereka. Tujuan dijalankannya penelitian ini ialah guna mengevaluasi program pembelajaran bahasa Jawa di SMP N 34 Semarang memanfaatkan penggunaan model Countenance Stake dan pendekatan kuantitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, serta analisis data secara deskriptif kuantitatif, subjek penelitian ini ialah guru dan peserta didik. Hasil penelitian memperlihatkan: (1) kelengkapan modul ajar Bahasa Jawa sangat baik (skor 4,23), (2) pelaksanaan pembelajaran baik (skor 4), dan (3) 38% dari 34 peserta didik mencapai KKM, sementara 62% tidak. Temuan ini menekankan perlunya inovasi dalam strategi pembelajaran dan dukungan dari berbagai pihak untuk memberi peningkatan pada minat dan kompetensi peserta didik dalam bahasa Jawa, serta menjadi pertimbangan dalam pengembangan kurikulum yang lebih efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...