Pada saat ini terdapat banyak kajian literatur yang membahas tentang kemampuan pemecahan masalah matematis yang didukung oleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dalam berbagai literatur terdapat banyak laporan yang membahas tentang pengaruh PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk memeriksa efek keseluruhan penggunaan PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan efek PBL jika ditinjau berdasarkan tahun penelitian, jenjang pendidikan serta kombinasi model pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis. Penelitian ini menganalisis 20 studi primer yang telah diterbitkan antara tahun 2019 sampai dengan tahun 2025 dengan tema penerapan PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Langkah-langkah analisis statistika dalam penelitian ini adalah: (a) menghitung ukuran efek setiap studi primer; (b) melakukan uji heterogenitas dan pemilihan model estimasi; (c) memeriksa bias publikasi; serta (d) menghitung nilai-p untuk menguji hipotesis penelitian ; (e) analisis karakteristik artikel; dan (f) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ukuran efek keseluruhan sebesar 0.937 dengan kategori sedang. Analisis karakteristik studi mengungkapkan bahwa penerapan PBL lebih efektif pada penelitian terbaru, jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan dikombinasikan dengan penggunaan software pembelajaran matematika. Temuan ini dapat menjadi pertimbangan bagi praktisi pendidikan matematika untuk implementasi PBL di masa depan.
Copyrights © 2025