Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan konsep belajar sambil bermain sebagai pola pembelajaran di KB IT Permata Hati Palembang. Konsep belajar sambil bermain merupakan pendekatan pembelajaran yang menyesuaikan dengan karakteristik perkembangan anak usia dini, di mana bermain menjadi media utama dalam proses belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan konsep belajar sambil bermain sebagai pola pembelajaran di KB IT Permata Hati Palembang? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan belajar sambil bermain dilakukan melalui kegiatan yang menyenangkan dan terarah seperti bermain peran, permainan edukatif, serta kegiatan seni dan eksplorasi alam. Pendekatan ini terbukti meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan aktif anak, serta mengembangkan aspek kognitif, sosial, emosional, dan spiritual anak. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sampel dengan jumlah anak kelas B1 = 10 anak dan B2 = 7 anak. Penelitian ini merekomendasikan agar konsep belajar sambil bermain terus dikembangkan sebagai pola utama dalam pembelajaran PAUD, karena terbukti efektif dan sesuai dengan prinsip pembelajaran yang berpusat pada anak.
Copyrights © 2025