PESHUM
Vol. 4 No. 5: Agustus 2025

Perbedaan Individu Dalam Belajar: Telaah Atas Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya

Fatimah Nurlala Iwani (Unknown)
Mardianah, Mardianah (Unknown)
Besse Marjani Alwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Artikel ini membahas tentang pentingnya memahami perbedaan individu dalam proses pembelajaran dan bagaimana berbagai faktor internal maupun eksternal berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Perbedaan individu mencakup aspek seperti inteligensi, kecakapan bahasa, keterampilan motorik, bakat, gaya belajar, serta latar belakang sosial dan emosional. Dalam konteks pendidikan, pemahaman terhadap perbedaan ini menjadi dasar penting untuk merancang strategi pembelajaran yang adaptif dan responsif terhadap karakteristik peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research) dengan metode kualitatif deskriptif, yang menganalisis teori-teori dan temuan empiris dari berbagai sumber relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti kondisi fisiologis, psikologis, lingkungan sosial, lingkungan fisik, serta instrumen pembelajaran seperti kurikulum dan media pembelajaran sangat memengaruhi cara dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran dan komitmen dari pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, sehingga semua siswa dapat mengembangkan potensinya secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...