Walada: Journal of Primary Education
Vol. 4 No. 2 (2025): IN PROGRESS

RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR: RELEVANSI DAN PENERAPAN DALAM KURIKULUM

Syudirman (Unknown)
I Wayan Kertih (Unknown)
I Wayan Lasmawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini membahas “Ruang Lingkup Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar: Relevansi dan Penerapan dalam Kurikulum”. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana pembelajaran IPS dapat diintegrasikan secara efektif dalam kurikulum sekolah dasar, dengan memperhatikan relevansi materi terhadap konteks lokal dan tantangan global. Metode yang digunakan meliputi analisis dokumen kurikulum untuk mengidentifikasi praktik terbaik dalam penerapan kurikulum IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS yang kontekstual tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang isu-isu sosial, tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan berpikir kritis. Penerapan kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan siswa sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Selain itu, kolaborasi antara guru, sekolah, dan pemerintah menjadi kunci dalam mengoptimalkan implementasi kurikulum. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran IPS di sekolah dasar harus diarahkan untuk membentuk karakter dan keterampilan sosial siswa, sehingga mereka menjadi individu yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Rekomendasi diberikan untuk pengembangan kurikulum yang lebih adaptif dan inovatif, serta peningkatan dukungan bagi pendidik dalam proses implementasi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...