Al Adawat : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 2 No. 02 (2023): AGUSTUS

ESKALASI KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN IBADAH DI MI MIFTAHUN NAJAH KARANGLO I JOMBANG

Fakhiroh, Dewi Zakiatul (Unknown)
Muslih, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Setiap madrasah mengharapkan peserta didiknya untuk mempunyai karakter yang baik dan patuh beribadah. Dengan begitu, dalam penanaman pendidikan karakter di MI Miftahun Najah Karanglo I Jombang, pihak madrasah menggunakan metode pembiasaan ibadah dengan harapan dapat mendorong peserta didik dalam meningkatkan karakter religius yang baik seperti melaksanakan shalat dengan tepat waktu. Pembiasaan ibadah dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan yang memiliki prioritas kepada nilai-nilai keagamaan seperti shalat. Peneliti menetapkan 3 fokus penelitian, diantaranya: 1) Bagaimana Karakter Religius Peserta Didik di MI Miftahun Najah Karanglo I Jombang, 2) Bagaimana Pembiasaan Ibadah di MI Miftahun Najah Karanglo I Jombang, 3) Bagaimana Eskalasi Karakter Religius Peserta Didik melalui Pembiasaan Ibadah di MI Miftahun Najah Karanglo I Jombang. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya studi kasus. Dalam pengumpulan data peneliti memakai teknik observasi, teknik wawancara kepada guru, peserta didik, serta orang tua, dan teknik dokumentasi. Selanjutnya dalam menganalisis data dengan reduksi data, visualisasi data serta verifikasi data. Dalam teknik pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik. Melalui ketekunan peneliti menghasilkan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Karakter religius di MI Miftahun Najah Karanglo I Jombang sudah tercermin pada diri peserta didik. 2) Pembiasaan ibadah menjadi metode yang baik dalam meningkatkan karakter religius peserta didik. 3) Eskalasi tejadi karena adanya peran guru yang baik membimbing peserta didik, dan dengan adanya kegiatan pembiasaan tersebut, peserta didik dengan senantiasa melekatkan diri kepada Allah swt., dan tentunya menjadikan peserta didik terbiasa melasanakannya dalam aktivitas sehari-hari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aldawat

Publisher

Subject

Religion Earth & Planetary Sciences Education Library & Information Science Social Sciences

Description

This journal is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. The scope of Al Adawat : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Teaching ...