Al Adawat : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 2 No. 02 (2023): AGUSTUS

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAYLIRA BUSY BAG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KECAKAPAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV

Ul'arifah, Talitha Rahma (Unknown)
Siti Rofi'ah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2024

Abstract

Survei yang dilakukan oleh PISA 2018, TIMSS 2015, PIRLS 2011, dan AKSI 2016 menunjukkan bahwa siswa Indonesia mengalami krisis literasi sains. Meningkatkan literasi sains dapat dilakukan oleh guru ketika di sekolah. Guru dapat mendesain proses pembelajaran agar mendapatkan suasana belajar yang menyenangkan sehingga literasi sains siswa menjadi lebih baik, salah satunya dengan media pembelajaran. Dengan demikian, dalam penelitian ini akan diuraikan pengaruh media pembelajaran KayLira Busy Bag pada pembelajaran tematik terhadap kecakapan literasi sains siswa kelas IV. KayLira Busy Bag adalah media pembelajaran visual yang terdiri dari tiga permainan, yakni spinner, puzzle, dan kartu yang dirancang terintegrasi dengan materi siklus hidup hewan pada pembelajaran tematik IPA kelas IV. Media ini hasil adopsi dari busy bag yang dipakai anak usia 3-4 tahun untuk meningkatkan keterampilan motorik halus. Menggunakan model Tessmer pada jenis penelitian R&D, penelitian ini membuktikan bahwa KayLira Busy Bag sangat layak digunakan dalam pembelajaran tematik. Nilai Sig. sebesar 0.000 sebagai hasil penelitian menarik kesimpulan bahwa erdapat pengaruh media pembelajaran KayLira Busy Bag pada pembelajaran tematik terhadap kecakapan literasi sains siswa kelas IV MIN 3 Jombang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aldawat

Publisher

Subject

Religion Earth & Planetary Sciences Education Library & Information Science Social Sciences

Description

This journal is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. The scope of Al Adawat : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Teaching ...