Al Adawat : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 3 No. 01 (2024): FEBRUARI

EKSISTENSI MADRASAH DINIYAH DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH

falah, sabilal (Unknown)
Muslih, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Dalam era modernisasi dan globalisasi, eksistensi madrasah diniyah menjadi penting untuk dipertahankan sebagai sarana pengembangan pendidikan agama islam yang berakar pada nilai-nilai keislaman. Madrasah diniyah di madrasah ibtidaiyah menjadi fondasi kuat dalam membentuk generasi muda sejak dini yang beriman, berakhlak mulia dan mampu menghadapi tantangan zaman. artikel ini membahas tentang eksistensi madrasah diniyah dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini dilakukan di MI Sulaimaniyah Kauman Mojoagung Jombang dengan sumber data guru kelas dan siswa kelas atas (4, 5, 6). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Kemudian data tersebut diolah dengan tahapan yakni  reduksi data, penyajian, kemudian kesimpulan yang akan menghasilkan data terkait eksistensi madrasah diniyah dalam pengembangan pendidikan agama islam yang menjadi langkah kemajuan Madrasah diniyah sebagai kebutuhan para siswa pada era modern dan juga pondasi akhlak dan akidah ahlussunnah wa jama’ah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aldawat

Publisher

Subject

Religion Earth & Planetary Sciences Education Library & Information Science Social Sciences

Description

This journal is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. The scope of Al Adawat : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Teaching ...