Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
Vol. 8 No. 2 (2025): Mey - August

Efektivitas Strategi Difusi Inovasi Rogers dalam Meningkatkan Penerimaan Pendidik terhadap E-Learning di Sekolah Dasar

Rahman, Abdul (Unknown)
Girsang, Febrita Sari Purba (Unknown)
Lisana, Lisana (Unknown)
Syahra, Rizqya Anis (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penerimaan inovasi e-learning oleh pendidik menjadi tantangan krusial dalam transformasi digital di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi difusi inovasi Rogers dalam meningkatkan penerimaan pendidik terhadap e-learning galeri ilmu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus tunggal di SDN Mawar 2 Banjarmasin. Sampel penelitian terdiri dari para pendidik kelas 5 dan 6, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi partisipatif, demonstrasi e-learning galeri ilmu, dan wawancara semistruktur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi difusi yang terencana efektif dalam menciptakan tingkat penerimaan yang tinggi dan meminimalkan resistensi dari pendidik. Keberhasilan ini didorong oleh persepsi positif terhadap lima atribut inovasi (keunggulan relatif, kesesuaian, kompleksitas rendah, keteramatan, dan kemampuan uji coba) yang secara langsung meningkatkan persepsi kegunaan (perceived usefulness) dan kemudahan penggunaan (perceived ease of use) e-learning tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa resistensi terhadap teknologi bersifat situasional dan dapat diatasi melalui pendekatan strategis yang berpusat pada pengguna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PiJIES

Publisher

Subject

Education

Description

PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and ...