Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pandangan para guru mengenai pengelolaan pendidikan karakter sebagai upaya untuk mengembangkan potensi generasi muda di SMK Sinar Husni 2 TR. Pendidikan karakter adalah fondasi yang krusial dalam membangun karakter, moral, dan rasa tanggung jawab siswa sebagai generasi penerus negara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman yang baik mengenai signifikansi manajemen pendidikan karakter dan secara aktif terlibat dalam merancang serta melaksanakan program-program yang mendukung penguatan nilai-nilai karakter siswa, seperti disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama. Beberapa tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan fasilitas, minimnya partisipasi orang tua, serta dampak negatif dari lingkungan sekitar. Meskipun demikian, dedikasi para guru dalam menciptakan budaya sekolah yang mendukung pengembangan karakter menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan program tersebut. Dengan pengelolaan yang tepat, pendidikan karakter di institusi ini terbukti dapat mendorong pertumbuhan potensi positif generasi muda secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025