Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas Berbasis ClassPoint E-LKPD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa kelas IV dalam pembelajaran materi pendidikan Pancasila tentang nilai-nilai Pancasila. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka akan dilakukan penelitian tentang E-LKPD melalui PowerPoint berbasis classpoint untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kelayakan berpikir kreatif ditinjau dari segi validitas. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan yang terdiri dari 6 tahap. Bahasa Indonesia: yaitu Menganalisis Karakteristik Pembelajar, Menetapkan Standar dan Tujuan, Memilih Metode, Media dan Materi, Memanfaatkan Media dan Materi, Memerlukan Partisipasi Pembelajar, Mengevaluasi dan Merevisi Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SD Negeri Gadon sebanyak 21 siswa. Uji coba produk dilakukan hanya pada bagian kevalidan E-LKPD yang meliputi ahli materi, ahli media. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menguji kualitas produk terdiri dari data validitas, melalui angket. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil validitas oleh ahli media dengan rata-rata 88% dan ahli materi dengan rata-rata 90% sehingga dapat disimpulkan bahwa Berbasis ClassPoint E-LKPD memenuhi kriteria validitas dan berada pada kategori sangat valid.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025