Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Dampak Penggunaan WhatsApp Terhadap Karakter Siswa Di SMP Negeri 1 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Smp Negeri 1 Kota Kupang, Jl. Prof. Dr. W. Z. Johannes No. 30, Kelurahan Oetete, Kecamatan Oebobo Kota Kupang, dengan jumlah subjek penelitian terdiri dari 5 orang yaitu 1 guru Bimbingan Dan Konseling dan 4 orang siswa yang mengalami permasalah terkait pengguanaan WhatsApp. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan WhatsApp di SMP Negeri 1 Kota Kupang berdampak beragam terhadap karakter siswa, berdasarkan wawancara dengan 1 orang guru Bimbingan Dan Konseling dan 4 orang siswa kelas VIII-I dengan hasil yang positif. Melalui wawancara tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan WhatsApp berpengaruh terhadap karakter siswa, terutama dalam hal kedisiplinan, tanggung jawab, maupun cara berkomunikasi. Besar kecilnya pengaruh tersebut sangat bergantung pada sejauh mana pengawasan yang diberikan oleh guru dan orang tua dalam mengarahkan penggunaan aplikasi tersebut oleh siswa. The purpose of this study is to determine the impact of WhatsApp usage on student character at SMP Negeri 1 Kupang City. This study uses a qualitative descriptive research method. This study was located at Smp Negeri 1 Kupang City, Jl. Prof. Dr. W. Z. Johannes No. 30, Oetete Village, Oebobo District, Kupang City, with the number of research subjects consisting of 5 people, namely 1 Guidance and Counseling teacher and 4 students who experienced problems related to the use of WhatsApp. Data were collected through interviews, observations, and documentation. The results of this study indicate that the use of WhatsApp at SMP Negeri 1 Kupang City has various impacts on student character, based on interviews with 1 Guidance and Counseling teacher and 4 students of grade VIII-I with positive results. Through these interviews the author can conclude that the use of WhatsApp influences student character, especially in terms of discipline, responsibility, and communication methods. The extent of this influence depends greatly on the extent of supervision provided by teachers and parents in directing the use of the application by students.
Copyrights © 2025