Penelitian ini berawal dari adanya masalah rendahnya capaian belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Tujuan utama dari ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut melalui penerapan model pembelajaran discovery learning yang didukung oleh aplikasi Wordwall di kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini melibatkan seorang guru dan 31 siswa kelas V yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran, tes hasil belajar untuk mengukur pemahaman siswa, serta dokumentasi terkait proses pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan perubahan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dengan bantuan Wordwall berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama, hasil belajar siswa masih tergolong kurang, yang tercermin dari observasi bahwa siswa kurang berani menyampaikan pendapat, sulit fokus, kurang mampu mengatur waktu dalam mengerjakan tugas, dan kurang berkolaborasi dalam diskusi kelompok. Setelah dilakukan perbaikan dan implementasi siklus kedua, rata-rata nilai siswa meningkat signifikan dan mencapai kategori baik. Peningkatan ini menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa, terutama keterlibatan aktif mereka dalam proses pembelajaran, berdampak positif pada hasil belajar. Selain itu, meningkatnya semangat dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran juga mendukung respon belajar mereka. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan Wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.
Copyrights © 2025