Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV UPTD SDN 64 Parepare Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 12 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 58,33% berada pada kategori cukup (C). Hasil penelitian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 83,33% yang berada pada kategori baik (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas IV di UPTD SDN 64 Parepare. Dengan hasil ini disarankan pada para guru untuk menggunakan model Project Based Learning baik pada mata pelajaran matematika maupun pada mata pelajaran lain.
Copyrights © 2025