Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan pada model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall terhadap keaktifan belajar peserta didik pada Bahasa Indonesia kelas V di UPTD SD Negeri 55 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain posttest only control design dalam bentuk quasi ekperimental. Jenis teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling dengan jumlah keselurahan peserta didik 50 orang. Kelas VA sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil statistik deskriptif diperoleh dari lembar observasi keaktifan belajar. Hasil analisis inferensial diperoleh menggunakan uji Independent t-test menunjukkan sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 atau nilai thitung > ttabel (12,269 > 1,677) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik pada Bahasa Indonesia kelas V di UPTD SD Negeri 55 Parepare. Kata kunci: team games tournament (TGT), wordwall, Keaktifan Belajar
Copyrights © 2025