Sangkalemo
Vol. 4 No. 2 (2025): Juli

DEVELOPMENT OF A MATHEMATICS MODULE BASED ON THE SARISWARA METHOD

Muhammad, Adib (Unknown)
Irfan, Muhammad (Unknown)
Khosiyono, Banun Havifah Cahyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul produk berupa modul matematika dasar berbasis metode sariswara untuk meningkatkan keterampilan literasi numerasi; (2) mendeskripsikan kelayakan modul matematika dasar berbasis metode sariswara untuk meningkatkan keterampilan literasi numerasi pada siswa sekolah dasar; (3) mendeskripsikan efektifitas modul matematika dasar berbasis metode sariswara yang dihasilkan. Metode penelitian ini adalah research and development menurut Borg & Gall (1983) dengan 10 tahapan, diantaranya: research and information collecting; planning; develop preliminary form of product; preliminary field testing; main product revision; main field testing; operational product revision; operational field testing; final product revision; dan dissemination & implementation. Subjek uji coba skala terbatas dalam penelitian ini adalah kelas 1B SD ARB, subjek uji coba skala luas adalah kelas 1A dan 1C SD ARB. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dan kuantitatif berupa kuasi eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) menghasilkan produk berupa modul matematika dasar berbasis metode sariswara. Adapun modul matematika ini memiliki karakteristik self intruction, self contained, berdiri sendiri,  adaptif, bersahabat, dan kekhasan metode sariswara; (2) hasil validasi produk memperoleh penilaian dari ahli materi rerata 86% termasuk dalam kriteria layak dan dari ahli desain rerata 89% termasuk dalam kriteria layak; (3) hasil uji efektifitas pada coba terbatas memperoleh n-gain score 56% termasuk dalam kategori cukup efektif dan uji coba luas menunjukkan jika pada kelompok eksperimen mempunyai nilai rata-rata yang lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SANGKALEMO

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sangkalemo aims to serve the needs of information of children education practitioners, including classroom teachers, teacher educators, and policymakers. Publishing evidence-based research around Indonesia, education system issues, this journal dedicated to improving the quality, standard and access ...