Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 7, No 4 (2025): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Implementasi Metode NHT Dengan Pendekatan PBL Terhadap Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

Aini, Dian Qurratul (Unknown)
Hartini, Sri (Unknown)
Pratama, Loviga Denny (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) yang dipadukan dengan pendekatan Problem-Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kecerdasan emosional dan kemampuan koneksi matematis siswa. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengaitkan konsep matematika dengan konteks kehidupan serta lemahnya aspek afektif, seperti pengendalian diri dan kerja sama dalam belajar. Penelitian dilakukan dengan metode tindakan kelas (PTK) berbasis pendekatan campuran, melibatkan dua siklus pembelajaran di kelas VIII SMPI Irsyadul Mubtadi’in. Teknik pengumpulan data meliputi tes koneksi matematis, angket kecerdasan emosional, observasi kelas, serta wawancara. Seluruh instrumen divalidasi dengan Aike’s V dan diuji reliabilitasnya melalui Alpha Cronbach. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kedua indikator utama. Kemampuan koneksi matematis siswa yang mencapai batas ketuntasan meningkat dari 37,5% menjadi 62,5%, sedangkan kecerdasan emosional bergeser dari kategori sedang menjadi tinggi (36,13%). Temuan ini memperkuat argumen bahwa kombinasi NHT dan PBL mampu menciptakan suasana belajar yang mendukung penguatan kemampuan akademik dan karakter emosional siswa secara terpadu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...