Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan literasi awal anak usia 5–6 tahun, penelitian ini tentang Efektivitas Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Literasi Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Dengan melibatkan 15 orang anak yang terdiri 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan, terdaftar pada tahun 2024. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1) lembar observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Berdasarkan hasil rekapitulasi perkembangan bahasa anak sebelum diberikan perlakuan penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan literasi awal anak, ada 0% dalam kategori berkembang sangat baik, ada 17,7% dalam kategori berkembang sesuai harapan, ada 31,1%, dalam kategori mulai berkembang, ada 51,1% dalam kategori belum berkembang. Sesudah diberikan perlakuan ada 31,1% dalam kategori berkembang sangat baik, ada 51,1% dalam kategori berkembang sesuai harapan, ada 11.1% dalam kategori mulai berkembang, ada 6,67% dalam kategori belum berkembang. Selanjutnya Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase uji t (paired sampel t-tes).berdasarkan hasil data perhitungan uji t, diperoleh nilai thitung  > ttabel (9,644 > 1,753) maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian terdapat efektifitas media kartu huruf terhadap kemampuan literasi awal anak usia 5 -6 tahun.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025