Millatuna: Jurnal Studi Islam
Vol. 2 No. 01 (2025): Studi Islam

Penerapan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Al-Hikam Jatirejo Jombang

Nur Lailatul Fitri (Unknown)
Laily Masruroh (Unknown)
Amalia Fauzia Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Penerapan ice breaking sudah banyak dilakukan oleh para guru dalam pembelajaran di sekolah. Penerapan ice breaking bertujuan untuk meningkatkan sebuah motivasi siswa dalam belajar di Madrasah Al-Hikam Jatirejo, Jombang. Penerapan ice breaking juga bertujuan untuk melatih kemampuan para guru untuk menguasai pembelajaran di dalam kelas. Ice breaking merupakan sebuah cara ataupun solusi bagi guru untuk mengembalikan suasana kelas agar tetap kondusif dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ice breaking berhasil dilaksanakan oleh beberapa guru di Madrasah Al-Hikam. Beberapa temuan mengungkapkan bahwa ice breaking banyak diterapkan dalam berbagai mata pelajaran karena tersedia banyak variasi model ice breaking yang dapat digunakan. Ice breaking juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk lebih semangat, tidak merasa jenuh, menghindari rasa kantuk, sehingga berkemungkinan untuk lebih fokus pada saat proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

millatuna

Publisher

Subject

Religion Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Millatuna: Jurnal Studi Islam adalah publikasi multi-disiplin yang didedikasikan untuk studi ilmiah semua aspek berkaitan dengan Islam dan dunia Islam. Perhatian khusus diberikan pada karya-karya yang berhubungan dengan pendidikan Islam, Hukum Islam, Manajemen pendidikan Islam, Komunikasi dan ...