Millatuna: Jurnal Studi Islam
Vol. 2 No. 03 (2025): Studi Islam

Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Dalam Pembelajaran Fiqih di MTs Negeri1 Jombang

Nur Salim (Unknown)
Jumari (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 1 Jombang yang disebabkan oleh penggunaan strategi pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan sumber belajar audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Dokumentasi, wawancara, dan observasi adalah beberapa metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sumber daya audiovisual, seperti film, animasi, dan presentasi interaktif, dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Fiqih, terutama materi prosedural seperti praktik ibadah. Selain itu, dengan mempromosikan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menyenangkan, media-media ini dapat meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan minat siswa dalam belajar.Keterbatasan fasilitas dan ketidakmampuan guru dalam menggunakan teknologi merupakan salah satu tantangan yang dihadapi selama implementasi. Sebagai kesimpulan, telah terbukti bahwa materi pembelajaran audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa jika disertai dengan metode pengajaran yang sesuai dan partisipasi aktif siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

millatuna

Publisher

Subject

Religion Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Millatuna: Jurnal Studi Islam adalah publikasi multi-disiplin yang didedikasikan untuk studi ilmiah semua aspek berkaitan dengan Islam dan dunia Islam. Perhatian khusus diberikan pada karya-karya yang berhubungan dengan pendidikan Islam, Hukum Islam, Manajemen pendidikan Islam, Komunikasi dan ...