Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (2) Bentuk-bentuk perundungan yang terjadi di SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar (3) Andil projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam mencegah perundungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber informan peneliti adalah 5 orang guru dan 10 orang siswa SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Hasil ini menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan proyek P5 melalui beberapa tahapan yaitu merencanakan alokasi waktu dan profil dimensi, membentuk tim fasilitator, menentukan tema. Eksekusi proyek P5 menggunakan empat alur yaitu orientasi, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut. Evaluasi proyek P5 dilakukan secara formatif dan partisipatif, proses penekanan dan keterlibatan siswa dalam membentuk sikap positif serta mendorong terciptanya lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan bebas dari kekerasan. (2) Bentuk-bentuk perundungan yang ditemukan di sekolah meliputi perundungan verbal, relasional, dan digital (cyberbullying). (3) Projek P5 ikut andil dan penting dalam mencegah perundungan melalui penanaman nilai-nilai empati, gotong royong, toleransi, dan kepedulian terhadap sesama.
Copyrights © 2025