MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 3 No. 3 (2025): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, September 2025

Analisis Peran Inovasi Pelayanan Publik dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pemerintah Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru

Juniasih, Tri Eva (Unknown)
Harianja, Nurbaya (Unknown)
Marpaung, Indra Syahputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran inovasi pelayanan publik dalam meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. Inovasi dalam pelayanan publik menjadi salah satu strategi penting dalam reformasi birokrasi untuk menciptakan pelayanan yang efektif, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan berbagai bentuk inovasi, seperti digitalisasi layanan administrasi, penyederhanaan prosedur pelayanan, dan peningkatan kompetensi aparatur, berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kualitas layanan publik. Hal ini berdampak positif terhadap persepsi masyarakat mengenai kinerja pemerintah kecamatan, yang tercermin dari meningkatnya kepuasan terhadap kecepatan, keterbukaan, dan akuntabilitas pelayanan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa inovasi pelayanan publik merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas hubungan antara pemerintah dan masyarakat pada tingkat lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...