Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran program ekstrakurikuler Nahwu di Madrasah. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian di Madrasah Aliyah Attanwir Bojonegoro, Indonesia pada tahun 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi implementasi strategi pembelajaran dalam ekstrakurikuler Nahwu, wawancara guru dan murid serta dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yaitu melalui tiga tahap: kondensasi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program ekstrakurikuler Nahwu meliputi tiga kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan Strategi pembelajaran program ini melibatkan pemilihan model pembelajaran yang tepat dengan menggunakan dua strategi yaitu strategi tarkib yang digunakan guna  memperbaiki uslub-uslub dari kesalahan nahwiyah hingga siswa dapat membuat kalimat dengan struktur yang benar dan strategi Kooperatif yang digunakan untuk pembelajaran berkelompok sehingga siswa dapat mempelajari ilmu Nahwu baik teori maupun praktik dari berbagai individu yang mempunyai ilmu dan pengalaman yang berbeda.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025