Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 3 No. 1 (2025): October

Ketika Setiap Anak Berbeda: Tantangan dan Strategi Guru dalam Mengelola Kelas Anak Usia Dini

Barusi, Atika (Unknown)
Rahimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan yang dihadapi guru serta strategi yang diterapkan dalam pengelolaan kelas anak usia dini yang memiliki perbedaan karakteristik dan kemampuan. Studi ini dilakukan di BKB PAUD Al-Muharram dengan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung di dalam kelas, wawancara semi-terstruktur dengan guru dan kepala satuan PAUD, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberagaman karakteristik anak, seperti perbedaan kemampuan kognitif, sosial-emosional, serta perilaku, menjadi tantangan utama dalam pengelolaan kelas. Guru menghadapi keterbatasan jumlah tenaga pengajar, kurangnya keterlibatan orang tua, dan kebutuhan untuk mendampingi anak secara individual. Untuk mengatasi tantangan tersebut, guru menerapkan strategi seperti pembelajaran berbasis bermain, pengelompokan berdasarkan kemampuan anak, pendekatan individual, serta memperkuat komunikasi dengan orang tua. Temuan ini menegaskan pentingnya kompetensi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, adaptif, dan mendukung perkembangan optimal anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paud

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ISSN 3026-4081 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. PAUD publishes four issues annually in the months of October, January, April, and July. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not ...