Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan tradisional Lari Balok terhadap peningkatan kelincahan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lambu. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian terdiri atas 55 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengikuti program permainan tradisional Lari Balok selama 12 sesi dalam 6 minggu, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani konvensional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Illinois Agility Test pada tahap pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan kelincahan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Rata-rata waktu Illinois Agility Test kelompok eksperimen menurun dari 19,50 detik menjadi 16,20 detik, sedangkan kelompok kontrol hanya mengalami penurunan waktu dari 19,40 detik menjadi 18,90 detik. Temuan ini membuktikan bahwa permainan tradisional Lari Balok efektif dalam meningkatkan kelincahan siswa dan dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran pendidikan jasmani yang menarik dan mudah dilaksanakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025