Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar KPK dan FPB peserta didik kelas V di SD Negeri 31 Jati Tanah Tinggi.. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat belajar peserta didik materi KPK dan FPB, peserta didik belum menguasai konsep perkalian dan pembagian, peserta didik belum bisa membedakan bilangan prima dan bukan bilangan prima, peserta didik kurang fokus selama pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar KPK dan FPB Di Kelas V SD Negeri 31 Jati Tanah Tinggi. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 31 Jati Tanah Tinggi, dengan sampel kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jenis pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan tes akhir berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan statistik deskriptif menghasilkan rata-rata nilai kelas eksperimen 84.82 dan rata-rata nilai kelas kontrol 79.78. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t mendapatkan hasil bahwa t_hitung = 2,245 > t_tabel = 1,677 dengan taraf signifikan 5% maka H_1 diterima dan H_0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar KPK dan FPB Di Kelas V SD Negeri 31 Jati Tanah Tinggi.
Copyrights © 2025