Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025)

Implementasi Model Brain Writing dalam Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi Pada Mahasiswa

Kirom, Sabitul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Sebagian besar mahasiswa masih menghadapi kesulitan menuangkan gagasan secara tertulis, khususnya dalam penulisan teks argumentasi. Kendala yang sering ditemui antara lain meliputi pemilihan diksi yang kurang tepat, ketidaksesuaian dengan kaidah kebahasaan, serta kurangnya koherensi antarbagian tulisan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi model brain writing dalam meningkatkan kemampuan menulis teks argumentasi pada mahasiswa. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu  mahasiswa semestr empat Prodi Sistem Komputer Universitas Islam Balitar Blitar tahun akademik 2024/2025 yang berjumlah 11 mahasiswa. Teknik pengumpulan  data yaitu wawancara, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian implementasi model brain writing bisa meningkatkan kemampuan mahasiswa menulis teks argumentasi. Rata-rata pre-test mahasiswa sebesar 64,18 termasuk kategori cukup, rata-rata post-test meningkat menjadi 78,45 berada dalam kategori baik. Temuan ini menunjukkan bahwa model brain writing tidak hanya efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks argumentasi, tetapi juga berkontribusi terhadap pengembangan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kolaborasi pada mahasiswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...