Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas pembelajaran dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap keterampilan digital siswa di SMK Negeri 40 Jakarta Timur. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan adalah survei dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Data yang dikumpulkan bersifat kuantitatif dan dianalisis menggunakan aplikasi SmartPLS versi 4.0. Populasi penelitian terdiri dari peserta didik SMK Negeri 40 Jakarta sebanyak 643 siswa. Dari populasi tersebut, sampel yang diambil sebanyak 108 siswa. Dalam penelitian ini, skala likert digunakan untuk pengukuran variabel, dan analisis yang diterapkan adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai pentingnya fasilitas pembelajaran dan teknologi informasi dalam meningkatkan keterampilan digital siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan rekomendasi bagi pengembangan kurikulum dan fasilitas pendidikan di SMK. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari variabel Fasilitas Pembelajaran terhadap Keterampilan Digital Siswa. Selain itu, variabel Pemanfaatan Teknologi Informasi juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap Keterampilan Digital Siswa. Secara bersamaan, Fasilitas Pembelajaran dan Pemanfaatan Teknologi Informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Keterampilan Digital Siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025