Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar peserta didik dan (2) apakah terdapat pengaruh ketersediaan sumber belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner dan metode dokumen. Populasi dan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa MA Imam Adil Raja Ampat sebanyak 42 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah kuisioner dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian menyimpulkan bahwa (1) hasil pengujian uji âtâ pada hipotesis I sebesar 9.071 ini berarti t hitung > t tabel (7.258 > 0.3044) dan signifikansi (0.000 < 0.005) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar, (2) pengujian uji âtâ pada hipotesis II diperoleh nilai 9.071 > 0.3044 dan signifikansi (0.000 < 0.005) maka terdapat pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar. Implikasi dari hasil penelitian diatas dapat dikatakan bahwa ketersediaan sumber belajar dapat memberikan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah (MA) Imam Adil Raja Ampat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024