Madani : Journal of Social Sciences and Social Science Education
Vol. 3 No. 02 (2025): JULI

EDUKASI MITIGASI BENCANA KARHUTLA MELALUI KONTEKSTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPAS

Mirzachaerulsyah, Edwin (Unknown)
Eko Handoyo (Unknown)
Wasino (Unknown)
Nugroho Trisnu Brata (Unknown)
Syarifah Yuningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk memberikan edukasi mitigasi bencana kebakaran hutan dan lahan melalui kontekstualisasi pendidikan karakter dalam IPAS. Pendekatan kontekstual dilakukan untuk mendekatkan peserta didik dengan lingkungan sosial serta alam disekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru IPAS SD Negeri 8 Sadaniang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memberikan materi pembelajaran IPAS yang berorientasi lingkungan. Kontekstualisasi pendidikan karakter dilakukan melalui integrasi materi IPAS dengan tradisi masyarakat Dayak Kanayatn di Sadaniang yang kemudian menjadi pengarusutamaan edukasi mitigasi bencana dalam pembelajaran IPAS. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembentukan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan memanfaatkan potensi lingkungan sekitar secara kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

madani

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Madani is an open access journal as a forum for publishing scientific articles published by Tadris IPS Islamic University of Zainul Hasan. Published articles can be in the form of results of research and studies on current issues in the perspective of social science and social education. This ...