Peneltian ini bertujuan untuk memberikan edukasi mitigasi bencana kebakaran hutan dan lahan melalui kontekstualisasi pendidikan karakter dalam IPAS. Pendekatan kontekstual dilakukan untuk mendekatkan peserta didik dengan lingkungan sosial serta alam disekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru IPAS SD Negeri 8 Sadaniang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memberikan materi pembelajaran IPAS yang berorientasi lingkungan. Kontekstualisasi pendidikan karakter dilakukan melalui integrasi materi IPAS dengan tradisi masyarakat Dayak Kanayatn di Sadaniang yang kemudian menjadi pengarusutamaan edukasi mitigasi bencana dalam pembelajaran IPAS. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembentukan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan memanfaatkan potensi lingkungan sekitar secara kontekstual.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025