Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2025

Pengembangan Vidio Animasi Berbasis Storytelling pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 4 MIM 16 Karangasem Paciran

Maulidin, Muhammad Rizky (Unknown)
Zativalen, Oriza (Unknown)
Susandi, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi berbasis storytelling yang dirancang sesuai karakteristik siswa guna meningkatkan minat dan motivasi belajar Bahasa Indonesia di kelas IV MIM 16 Karangasem Paciran. Metode penelitian menggunakan model ADDIE dengan desain control group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi angket respon dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media sangat valid digunakan dengan validasi ahli media 92,5%, ahli desain 96,25%, ahli materi 97,35%, validasi perangkat pembelajaran 97,70%, dan angket minat baca 94,73%; (2) media sangat praktis dengan skor respon siswa 90% (kelompok kecil) dan 91% (kelompok besar). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa media video animasi berbasis storytelling mampu mengatasi permasalahan rendahnya minat dan motivasi belajar siswa, serta layak digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...