Pengelolaan kelas sangat berperan penting dalam terbentuknya pembelajaran yang berlangsung efektif dan optimal bagi peserta didik sehingga kemahiran guru dalam melakukan pengelolaan kelas sangat mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan kelas yang tepat dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik, serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pengelolaan kelas di sekolah dasar. Penulis menggunakan metode kepustaskaan atau Library Research dalam penelitian. Teknik yang penulis gunakan dalam mengumpulkan informasi yaitu mengutip dari berbagai jurnal, buku maupun artikel, serta penelitian terdahulu. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 8 indikator yang dapat dilakukan untuk mengukur ketercapaian kedisiplinan siswa didalam kelas. Terdapat beberapa strategi pengelolaan kelas yang dapat dilakukan ialah dengan menggunakan cara pengelolaan kelas yang efektif. Strategi itu dilakukan dengan memperhatikan lingkungan baik fisik ( kondisi kelas), maupun nonfisik (kondisi Sosio-Emosional, dan organisasional (pembentukan organisasi kelas). Oleh karena itu, sikap konsisten sangat diperlukan dalam melakukan praktik pengelolaan kelas untuk meningkatkan kedisiplinan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024