Room of Civil Social Development
Vol. 4 No. 4 (2025): Room of Civil Society Development

Pengenalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi Siswa SMK Negeri 5 Pinrang : Evaluasi program edukasi berbasis simulasi

Kandora, Tri Andriyani HS (Unknown)
Makkarakka, B. Arman (Unknown)
Tandiarrang, Jenita (Unknown)
Kulsaputro, Januar (Unknown)
Musdalifah (Unknown)
Astutik, Widi (Unknown)
Ramadhan, Muh. Ihwal (Unknown)
Rifai, Leyla Khairunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program edukasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) berbasis simulasi dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMK Negeri 5 Pinrang. Penelitian menggunakan desain kuasi-eksperimen one-group pretest-posttest dengan melibatkan 35 siswa kelas XI dari jurusan berisiko tinggi. Edukasi diberikan melalui ceramah interaktif, simulasi penggunaan alat pelindung diri (APD), dan diskusi kasus kecelakaan kerja. Evaluasi dilakukan menggunakan instrumen 10 soal pilihan ganda yang mencakup aspek prinsip dasar K3, regulasi nasional, risiko teknis, dan praktik keselamatan kerja. Hasil analisis paired samples t-test menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor dari 5,17 menjadi 9,57 (p = 0,000), dengan persentase pemahaman meningkat dari 53,4% menjadi 95,7%. Peningkatan tertinggi terjadi pada aspek risiko kelistrikan dan instalasi listrik yang mencapai 100% pemahaman. Temuan ini membuktikan bahwa pendekatan berbasis simulasi efektif dalam membangun literasi K3 siswa vokasi. Program ini direkomendasikan untuk diintegrasikan secara luas dalam kurikulum pendidikan kejuruan guna mendukung pembentukan budaya keselamatan kerja sejak dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

rcsd

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Room of Civil Society Development (RCSD) is a community service-oriented journal that focuses on advancing theories, research, and practices in community participation and empowerment. The journal explores innovative approaches to fostering active participation of communities ...