COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 8 No. 4 (2025)

Catatan kolaborasi antara orang tua dan guru atas minat belajar dan perolehan budaya literasi siswa

Rosfiani, Okta (Unknown)
Ikbal Story, Khairunisa (Unknown)
Nadillah, Lulu (Unknown)
Al-Ghifari, Abizar (Unknown)
Febriansyah, Malika (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya kolaborasi antara orang tua dan guru dalam meningkatkan minat belajar dan perolehan budaya literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk kerjasama yang dilakukan oleh orang tua dan guru, serta dampaknya terhadap motivasi belajar siswa. Secara keseluruhan, kolaborasi antara orang tua dan guru tidak hanya meningkatkan motivasi belajar siswa tetapi juga memperkuat budaya literasi di kalangan mereka, menciptakan fondasi yang kuat untuk kesuksesan akademis di masa depan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi yang efektif antara orang tua dan guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yang pada gilirannya berkontribusi pada perolehan budaya literasi yang lebih baik. Kerjasama ini mencakup komunikasi yang intensif, keterlibatan dalam kegiatan sekolah, serta dukungan dalam aktivitas belajar di rumah. Penelitian ini menegaskan bahwa keterlibatan aktif orang tua dalam pendidikan anak sangat berpengaruh terhadap keberhasilan akademik dan perkembangan literasi siswa secara keseluruhan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...