Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Pemanfaatan Video Animasi Interaktif dalam Pembelajaran Sains di Kelas V SD: Implikasi terhadap Pengembangan Kompetensi Guru sebagai Bagian dari Manajemen Sumber Daya Manusia Sekolah

Puspaningrum, Marheni Rayung (Unknown)
Suparno, Suparno (Unknown)
Seprie, Seprie (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan video animasi interaktif dalam pembelajaran sains siswa kelas V sekolah dasar serta implikasinya terhadap pengembangan kompetensi guru. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi menjadi penting karena mampu menyajikan konsep sains secara visual, menarik, dan sesuai dengan karakteristik belajar siswa usia dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengukur literasi sains. Data diperoleh melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan literasi sains yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, dengan N-gain kategori tinggi. Video animasi interaktif terbukti efektif dalam membantu siswa memahami konsep abstrak dan meningkatkan keterlibatan belajar. Selain itu, penggunaan media ini mendorong pergeseran peran guru dari pengajar menjadi fasilitator, yang menuntut penguatan kompetensi pedagogik dan teknologik. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi sekaligus menyoroti pentingnya pengelolaan sumber daya manusia pendidikan dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...