Journal of Islamic Studies
Vol 3 No 1 (2025): Vol. 3 No. 1 (2025): Journal of Islamic Studies (Juli)

ANALISIS PENERAPAN ATURAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PELAJAR KELAS V DI MADRSAH IBTIDAIYAH MA’HAD AL-ZAYTUN

Damayanti, Yeni Rosa (Unknown)
Iswandi, Irvan (Unknown)
Mardani, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Disiplin merupakan titik sentral dalam segala pendidikan, khususnya pendidikan pada lembaga formal seperti sekolah. Hasil belajar siswa di sekolah dapat diamati dan ditentukan oleh tingkat kedisiplinan dalam proses belajar mengajar, sehingga masyarakat dapat yakin terhadap hasil tersebut. Masalah kedisiplinan siswa sangat penting bagi kemajuan Madrasah Ibtidaiyah. Disiplin akan selalu menciptakan proses belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan dan meningkatkan kedisiplinan siswa kelas V  Madrasah Ibtidaiyah Mahad Al-Zaytun. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa dan guru Madrasah Ibtidaiyah Ma'had Al-Zaytun. Sampel penelitian ini adalah kepala sekolah dan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma'had Al-Zaytun. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan catat. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui observasi dan wawancara terlihat jelas bahwa kepatuhan terhadap peraturan sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun sudah berjalan dengan cukup baik. . Hal ini dikarenakan adanya pengawasan yang ketat dan ketat dari pihak madrasah, sehingga secara umum siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma'had Al-Zaytun patuh terhadap peraturan yang berlaku dan sangat jarang melakukan pelanggaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jis

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal of Islamic Studies is managed and published by IAI Al-Zaytun Indonesia. JIS focus is related to the study of Islamic society which consists of Islamic Science and Civilization, Islamic thought, the Muslim community, Islamic philosophy, Islam and Peace, Islamic education, Islamic law, ...