Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam
Vol 23 No 2 (2025): Juli

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HAM PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF

Kusumawati, Yayuk (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran HAM menjadi prioritas dalam menjawab berbagai perosalan kemanusiaan dan kebangsaan di Indonesia. Dengan melihat tingkat kejahatan dan perbutan diskriminatif serta sikap tidak saling menghargai sesama anak bangsa, sehingga perlu melakukan upaya peningkatan pemahaman pentingnya menjaga, melindungi, dan menghormati Hak Asasi Manusia. Dalam penerapannya pembelajaran PKn guru belum sepenuhnya dapat menerapkannya secara integrasi, hal ini berakibat pada lahirnya pemahaman yang tidak holistik dan faktual. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan informasi, mengkaji, menganalisis dalam bentuk deskriptif kualitatif dari berbagai responden yakni guru dan siswa tentang implementasi pembelajaran HAM dengan menggunakan model pembelajaran integratif. Sumber Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara analisis data dilakukan berdasarkan fakta-fakta yang terjadi selama melakukan penelitian yang dideskripsi secara terstruktur dan mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran HAM dapat diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran integratif dengan mengintegrasikan mata pelajaran PKn dengan berbagai mata pelajaran seperti IPS, PAI, IPA, dan bahasa Indonesia serta memberikan dampak positif terhadap pengembangan kompetensi siswa baik pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kreatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Other

Description

Kreatif : Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Muhammadiyah Bima. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi Studi Pemikiran pendidikan Agama Islam. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Januari dan ...