Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 8 No. 2 (2025): May-Agustus 2025

Evaluasi Program Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts di PAUD Al-Kautsar (Model CIPP)

Sukmady, Fitri Wulandari (Unknown)
Nurani, Yuliani (Unknown)
Nurjannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi program pembelajaran STEAM berbasis loose parts di PAUD Al-Kautsar menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan empat bagian komponen evaluasi. Pada komponen context, lembaga memenuhi kriteria moderat dengan lingkungan dan sumber daya yang mulai mendukung STEAM, meski visi dan misi belum sepenuhnya mengakomodasi. Komponen input menunjukkan perencanaan dan kerjasama dengan pihak luar, namun dokumen teknis pelaksanaan belum tersedia, menyebabkan variasi dalam implementasi di setiap kelompok di lembaga. Fasilitas mencakup tiga ruang kelas dan area outdoor, dengan beragam media loose parts, meski jumlah pada bahan logam, kaca, dan keramik masih terbatas. Pada komponen process semua kelompok tidak terlihat menampilkan invitasi berasal dari media loose parts yang disesuaikan dengan topik pembelajaran. Proses pembelajaran kelompok A melampirkan modul ajar dan konsisten dalam STEAM, sedangkan kelompok B dan PG belum sepenuhnya melaksanakan komponen tersebut. Pada komponen product menghasilkan produk akhir menunjukkan pembelajaran berpusat pada anak dengan dampak positif bagi perkembangan sosial emosional. Rekomendasi penelitian mencakup pembuatan juknis, pelatihan guru, dan peninjauan ulang dokumen kurikulum serta penambahan media loose parts.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...