Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh positif implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Melalui metode systematic literature review (SLR) dengan teknik meta-analisis, penelitian ini mengkaji 12 artikel ilmiah terbaru (2022-2024) yang membahas integrasi AI dalam pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan AI memberikan dampak positif signifikan terhadap lima aspek utama: (1) peningkatan keterampilan inkuiri ilmiah dengan efek size 0,72; (2) personalisasi pembelajaran yang meningkatkan capaian akademik dengan efek size 0,68; (3) peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan efek size 0,65; (4) peningkatan motivasi dan keterlibatan belajar dengan efek size 0,78; dan (5) dukungan pembelajaran inklusif dengan efek size 0,69. Penelitian ini juga mengidentifikasi empat modalitas utama penerapan AI dalam pembelajaran IPA: sistem tutor cerdas, simulasi berbasis AI, laboratorium virtual, dan agen konversasional. Implikasi praktis mencakup rekomendasi bagi pendidik dan pemangku kebijakan untuk mengoptimalkan integrasi teknologi AI dalam kurikulum IPA sekolah dasar dengan tetap memperhatikan aspek etis, keamanan, dan kesetaraan akses.
Copyrights © 2025