Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA, yang tercermin dari dominasi pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru dan kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukan inovasi pendekatan seperti pembelajaran berbasis proyek yang dapat merangsang partisipasi, pemecahan masalah, dan refleksi mendalam terhadap materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan kemampuan critical thinking siswa kelas 4 pada pembelajaran IPA di UPT SDN 8 Pinrang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimental dan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas 4 yang terbagi menjadi kelompok eksperimen (30 siswa) dan kelompok kontrol (30 siswa). Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi, angket respons siswa, dan rubrik penilaian proyek. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen yang belajar dengan Model Pembelajaran berbasis proyek dan siswa kelompok kontrol yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Rata-rata skor post-test kelompok eksperimen (78,67) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (62,53), dengan peningkatan (N-Gain) pada kelompok eksperimen (0,47) dalam kategori sedang, sedangkan kelompok kontrol (0,11) dalam kategori rendah. Penerapan Model Pembelajaran berbasis proyek efektif dalam mengembangkan aspek berpikir kritis terutama pada indikator evaluasi, inferensi, dan regulasi diri. Integrasi dengan kearifan lokal Pinrang, memperkaya pengalaman belajar siswa. Keterbatasan penelitian terletak pada durasi relatif singkat dan fokus yang terbatas pada tema "Energi dan Perubahannya". Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperpanjang durasi penelitian, memperluas cakupan tema pembelajaran, dan mengeksplorasi integrasi dengan pendekatan pembelajaran lain.
Copyrights © 2025