Problem-Based Learning (PBL) merupakan pendekatan pembelajaran inovatif yang cocok diterapkan dalam mata kuliah Kalkulus di perguruan tinggi, terutama untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur efektivitas penerapan PBL terhadap pemahaman konsep mahasiswa pada salah satu politeknik di Bangka Belitung. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini melibatkan 58 mahasiswa semester II Diploma IV Teknik Elektronika yang terbagi dalam dua kelompok: kelompok eksperimen yang belajar dengan PBL dan kelompok kontrol dengan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test guna mengevaluasi pemahaman konsep. Hasilnya, kelompok eksperimen menunjukkan rata-rata skor tes 85, jauh lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang mencapai rata-rata 65. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL meningkatkan pemahaman konsep hingga 30% lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan penerapan PBL pada mata kuliah lainnya untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif.
Copyrights © 2025