Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas Subject Specific Pedagogy (SSP) blended learning berbasis multiple representative pada materi sistem koloid. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Design Based Research (DBR) yang terdiri dari empat langkah yaitu identifikasi masalah, rancangan dan pengembangan, uji coba produk berulang, dan refleksi. Namun pada penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa dan 2 guru kimia SMAN 3 Kupang Timur serta 9 orang ahli yang terdiri dari 2 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli evaluasi dan 5 orang ahli pendidikan yaitu guru yang memiliki masa kerja lebih dari 15 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Subject Specific Pedagogy (SSP) blended learning berbasis multiple representative yang terdiri dari perangkat pembelajaran RPP, Silabus, LKPD, Modul Ajar dan Soal Evaluasi. Skor validitas isi produk berkisar antara 0,75-0,88 dengan kriteria validitas tinggi-sangat tinggi. Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa SSP yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata skor di atas kriteria kelayakan yaitu lebih besar dari 0,72. Temuan ini menunjukkan bahwa SSP blended learning berbasis multiple representative layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran kimia, khususnya pada materi sistem koloid untuk mendukung pembelajaran yang bermakna dan meningkatkan pemahaman siswa secara menyeluruh.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024